Minggu, 31 Mei 2009

DOA

Orang bijak mengatakan, DOA TANPA USAHA ADALAH BOHONG dan USAHA TANPA DOA ADALAH SOMBONG. Doa dan usaha tidak dapat dipisahkan. Doa adalah permohonan, pengharapan seorang hamba kepada sang Khaliq. Dibalik kelebihan-kelebihan yang kita miliki, kita menyimpan kelemaha-kelemahan yang tidak dapat kita tutupi. Untuk itu, kita perlu meminta kepada Allah SWT. Berdoalah dengan penuh kukhusyukan, penuh harapan, tulus, pasrah dan ikhlas.
Coba kita renungkan, dan ingat-ingat di saat apa kita berdoa? di saat sedih? Di saat banyak masalah dan bebankah? Disaat sakit? Lalu apa yang kita lakukan di saat kita bahagia? Lupakah kita pada-Nya? Berdoa dan bersyukurkah kita di saat kita bahagia? Apa yang kita lakukan di saat kita sehat dan sedang tidak dalam masalah atau beban? Ataukah kita justru berdoa jika kita disaat senang? disaat sehat? Dan tidak mau berdoa dan bersyukur di saat sedih, sakit dan dalam masalah? Marahkah kita? Kecewakah kita kepadanya jika kita sedang di beri kesusahan dan doa kita tidak terkabul? Tidak mau berdoa jika Allah memberikan cobaan berat? Sesungguhnya cobaan itu tidak hanya berupa beban, sakit dan hal-hal yang memang dirasa tidak baik untuk kita, TETAPI cobaan juga bisa berupa hal-hal yang baik dan kesenangan hidup. Allah menguji hamba-Nya sesuai dengan kemampuan-Nya. Jika Allah saja yakin pada kita, Mengapa kita malah meragukan-Nya? Mengapa kita tidak menjaga kepercayaan yang diberikan kepada kita???
Semoga kita bukan termasuk golongan orang-orang yang hanya berdoa di saat susah saja ataupun orang-orang yang berdoa di saat senang saja. SEMOGA. Jangan pernah berhenti berdoa disaat susah maupun senang. Semua cobaan adalah untuk melihat sampai di mana iman kita kepada-Nya. Lalu bagaimana jika doa kita tidak dikabulkan? Ada beberapa hal yang membuat doa kita mungkin tidak dikabulkan :
  • Kita mengakui kekuasaan Allah, tetapi kita tidak memenuhi hak-hak-Nya
  • Setiap hari kita membaca Al-Quran, tetapi tidak mengamalkan isinya
  • Mengaku cinta Rasul tetapi meninggalkan pola perilaku sunnah-sunnah-Nya
  • Setiap hari membaca ta'awudz, berlindung kepada Allah dari setan, tetapi setiap hari mengikuti langkahnya dengan mempercayai zodiak, mendatangi paranormal ataupun dukun.
  • Ingin masuk surga tetapi melakukan hal-hal yang bertentangan denang itu
  • Takut masuk neraka tetapi menjatuhkan diri ke dalamnya dengan melakukan maksiat
  • Takut maut tetapi tidak mempersiapkan diri untuk meghadapinya, malah sibuk mencari kesalahan orang lain tetapi kesalahan sendiri ditutup-tutupi.
  • Menikmati karunia Allah tetapi lupa bersyukur
  • Sering menguburkan jenazah, tetapi tidak bisa mengambil hikmah dari kejadian itu
Berdolah kepada Allah disaat sedih maupun senang. Dan kita harus yakin akan janji Allah. Kita harus tahu bahwa Alah tidak berkenan mengabulkan doa dari hati yang lalai dan main-main. Apapun persoalan hidup kita, Apakah kita sedang sedih ataukah sedang senang, TETAPLAH BERDOA KEPADA-NYA. Jangan pernah berhenti berdoa kepada-Nya, karena Doa adalah masa depan kita. Doa adalah kekuatan kita. Doa adalah senjata kita. Perhatikan adab-adab dalam berdoa dan BERSABARLAH menunggu dikabulkan oleh-Nya. Allah selalu mempunyai rahasia dan cara tersendiri dalam mengabulak doa kita
SESUNGGUHNYA SESUATU YANG BAIK DAN BURUK YANG TERJADI PADA KITA ADALAH ATAS KEHENDAK-NYA. DAN PASTI ADA HIKMAH DARI SETIAP KEJADIAN. Karena Allah begitu mencintai hamba-Nya. Karena Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi Hamba-Nya. Untuk itu SELALU PERCAYALAH DAN JANGAN RAGU KEPADA-NYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar